Anggaran dan Proposal Usaha Hijab Online Paling Lengkap

 

PROPOSAL USAHA HIJAB ONLINE
(AILA HIJAB)

Usaha online saat masa pandemi ini menjadi yang paling banyak dilakukan terutama saat ini hijab sudah menjadi trend. Hampir kebanyakan orang-orang yang kita jumpai sudah menggunakan hijab yang mana dalam berbagai model. yuk bahas masalah usaha hijab dan rinciannya.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Dimasa sekarang ini, kebudayaan berkerudung atau berhijab semakin meluas. Sering sekali kita melihat para wanita yang kini memilih untuk berhijab. Dan tidak sedikit pula hijab kini dijadikan salah satu tren busana yang banyak diminati. Hijab kini bukan hanya sebagai identitas para wanita muslim, tetapi kini hijab telah menjadi karakter bagi banyak wanita. Kesadaran para wanita muslim untuk menutup aurat kini semakin besar, bukan hanya di kalangan wanita dewasa, hijab juga kini mulai tren di kalangan para remaja. Dan di sisi lain, berhijab membuat wanita semakin terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam dirinya.  Untuk itu kami menciptakan tren hijab yang sesuai dengan berbagai kalangan, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Kami menawarkan berbagai bentuk dan motif hijab yang dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari para wanita muslim, dengan harga yang terjangkau dengan budget anak remaja. Selain itu konsumen juga bebas untuk memesan model jilbab yang diinginkan dan yang pasti tetap syar’i.

1.2. TUJUAN

Tujuan dari usaha ini adalah:

·         Menarik minat konsumen untuk memakai hijab

·         Membiasakan berhijab dikalangan wanita

·         Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya.

·         Memberi kemudahan bagi wanita muslim untuk memilih berbagai jenis hijab yang sesuai dengan keinginannya.

·         Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat.

 

1.3. PELUANG PASAR

Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah banyak wanita muslim yang memilih untuk memakai hijab, dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang terkadang monoton. Tetapi dengan adanya produk Aila Hijab yang kami produksi dengan banyak motif dan bentuk hijab yang berbagai macam, para wanita muslimah tidak akan merasa bosan dan monoton dalam berhijab, serta para wanita dengan sesuka hati dapat memesan model jilbab yang diingikan saat memesan.


 

BAB II
ANALISIS BIAYA

2.1. PENGELUARAN

A.                 ASPEK MODAL

No

Item

Harga

Total

1

Bahan permeter (Jilbab Syar;i)

Rp. 25.000,- x 20 meter

Rp. 500.000,-

2

Bahan Permeter (Jilbab segi empat) 120 x 120 cm

Rp. 17.000,- x 24 meter

Rp. 408.000,-

3

Bahan Permeter (Jilbab pasmina)

(150 x 50 cm)

Rp. 25.000,- x 20 meter

Rp. 500.000,-

4

Ongkos Jahit perjilbab

Rp. 15.000,- x 60

Rp. 900.000,-

 

TOTAL MODAL

Rp. 2.308.000,-

 

B.     TOTAL BIAYA

Total biaya yaitu jumlah keseluruhan biaya. Pada proses pembelian dan pembuatan jilbab, total biaya yang dibutuhkan adalah:

Total biaya = Rp. 2.308.000,-

2.2. PEMASUKAN

1) Hasil penjualan Jilbab

a.       Jilbab Syar’i                      = Rp. 47.000,- x 20 biji = Rp. 940.000,-

b.      Jilbab Segiempat               = Rp. 37.000,- x 20 biji = Rp. 740.000,-

c.       Jilbab pasmina                   = Rp. 47.000,- x 20 biji = Rp. 940.000,-

2.3. KEUNTUNGAN / LABA

Pendapatan dari penjualan jilbab Rp. 2.620.000,-

Jadi, keuntungan bersih yaitu : Rp2.620.000,00 – Rp. 2.308.000,- = Rp. 312.000,-

 

 

 


 

BAB III
PELAKSANAAN WIRAUSAHA

3.1. WHAT (Apa)

 Apa saja kelebihan maupun kekurangan dari usaha jilbab online ini?

 a. Kelebihan Usaha jilbab ini yaitu memiliki peluang yang cukup besar di industri fashion. Karena para wanita baik anak-anak, remaja dan orang tua mulai tertarik untuk memakai jilbab

b. Kekurangan usaha jilbab ini yaitu masih belum bisa memproduksi sendiri, sehingga dana banyak membengkak di ongkos jahit

 

3.2. WHY (Mengapa)

Mengapa memilih usaha jilbab online? Kami memilih usaha jilbab online karena:

1.      Prospek atau peluang usaha ini cukup besar untuk dikembangkan.

2.      Dapat memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar.

3.      Permintaan konsumen dalam industri fashion trutama jilbab cukup banyak.

4.      Tidak memerlukan modal yang cukup besar.

5.      Peluang pasar yang besar untuk pemasaran.

6.      Tidak memakan waktu banyak untuk memproduksi

7.      Dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain.

 

 3.3. WHERE (Dimana)

Dimanakah tempat yang tepat untuk melakukan penjualan jilbab online?

Kami memilih media sosial untuk pemasarannya. Karena sebagian besar penduduk terutama anak-anak dan remaja lebih memilih untuk berbelanja di onlineshop dari pada harus keluar untuk membeli barang yang di inginkan. Hal ini juga menguntungkan bagi penjual karena tidak perlu menyewa tempat untuk penjualannya.

 

3.4. HOW (Bagaimana)

 

Bagaimanakah cara melakukan memproduksi jilbab online?

1. Pemilihan kain

      Sebelum meproduksi, penjual akan membeli kain sesuai dengan pesanan konsumen. Baik ukuran maupun model jilbab yang diingikan. Setelah membeli bahan baku tersebut, kami menyerahkan kain tersebut kepeda penjahit untuk di bentuk menjadihijab yang diinginkan. Setelah hijab jadi, maka kami akan mengirimkannya ke alamat yang diberikan oleh konsumen.

3.5. WHEN (Kapan)

Kapankah waktu yang tepat untuk memasarkan jilbab online?

Waktu yang tepat yaitu setiap hari. Akan tetapi peluang semakin besar ketika idul fitri ataupun idul adha. Permintaan akan semakin meningkat disaat seperti itu.

 

3.6. WHO (Siapa)

Kepada siapakah target pasar yang dituju untuk memperlancar pemasaran?

Untuk target sendiri, kami hanya menargetkan media sosial seperti instagram maupun facebook

 


 

BAB IV
RENCANA PEMASARAN PRODUK

4.1. TUJUAN PEMASARAN

Mempertahankan kualitas dan kepercayaan konsumen sehingga diharapkan pendapatan perbulannya tetap stabil.

4.2. PENETAPAN HARGA

Penetapan harga sesuai dengan biaya-biaya yang digunakan untuk membuat jilbab itu sendiri. Penjual mengambil keuntungan sebesar 15% pada jilbab syar’i dan jilbab pasmina. Sedangkan pada jilbab segiempat penjual hanya mengambil keuntungan sebesar 5% saja.

4.3. PASAR SASARAN (TARGET)

Target utama yang kami tuju untuk memperlancar usaha ini adalah media sosial. Di dalam media sosial banyak sekali anak-anak maupun remaja yang memiliki minat yang tinggi terhadap fashion. Pada merekalah produk ini akan di pasarkan.

4.4. CARA PEMASARAN

Kami menggunakan metode dengan memberikan harga yang terjangkau dan tidak melebihi Rp. 50.000,- . Tujuannya agar semua kalangan bisa memiliki atau menjangkau jilbab kami. Sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli. Terutama kalangan menengah kebawah.

 


 

BAB V
PENUTUP

5.1. KESIMPULAN

Usaha jilbab online ini sangat menguntungkan. Karena penjual cukup menggunakan media sosial dan berjualan atau memasarkan produknya bisa sambil kuliah taupun bersantaidi rumah tanpa harus keluar untuk memasarkan. Dengan begini, tidak memakan waktu yang banyak. Mahasiswa ataupun ibu rumah tangga bisa melakukan usaha ini

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Hukum Tajwid pada surah Al Kafirun, Surah Yunus ayat 40-41 dan Surah Al Kahfi ayat 29

Laporan praktikum Biologi (makanan dan sistem pencernaan)

LAPORAN BIOLOGI SISTEM PERNAPASAN PADA BELALANG