Anggaran dan Proposal Usaha Hijab Online Paling Lengkap
PROPOSAL USAHA HIJAB ONLINE
(AILA HIJAB)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Dimasa sekarang ini,
kebudayaan berkerudung atau berhijab semakin meluas. Sering sekali kita melihat
para wanita yang kini memilih untuk berhijab. Dan tidak sedikit pula hijab kini
dijadikan salah satu tren busana yang banyak diminati. Hijab kini bukan hanya
sebagai identitas para wanita muslim, tetapi kini hijab telah menjadi karakter
bagi banyak wanita. Kesadaran para wanita muslim untuk menutup aurat kini
semakin besar, bukan hanya di kalangan wanita dewasa, hijab juga kini mulai
tren di kalangan para remaja. Dan di sisi lain, berhijab membuat wanita semakin
terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam dirinya.
Untuk itu kami menciptakan tren hijab yang sesuai dengan berbagai kalangan,
mulai dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Kami menawarkan berbagai bentuk
dan motif hijab yang dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari para wanita
muslim, dengan harga yang terjangkau dengan budget anak remaja. Selain itu konsumen juga bebas untuk memesan model jilbab yang
diinginkan dan yang pasti tetap syar’i.
1.2. TUJUAN
Tujuan dari usaha ini adalah:
·
Menarik minat konsumen untuk memakai
hijab
·
Membiasakan berhijab dikalangan wanita
·
Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis
bagi yang mengenakannya.
·
Memberi kemudahan bagi wanita muslim untuk memilih berbagai
jenis hijab yang sesuai dengan keinginannya.
·
Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa
menjaga dan menutup aurat.
1.3. PELUANG PASAR
Produk ini memiliki peluang
bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah banyak wanita muslim yang memilih
untuk memakai hijab, dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan
jilbab yang terkadang monoton. Tetapi dengan adanya produk Aila Hijab yang kami produksi dengan banyak motif dan bentuk
hijab yang berbagai macam, para wanita muslimah tidak akan merasa bosan dan
monoton dalam berhijab, serta para wanita
dengan sesuka hati dapat memesan model jilbab yang diingikan saat memesan.
BAB II
ANALISIS BIAYA
2.1. PENGELUARAN
A.
ASPEK MODAL
|
No |
Item |
Harga |
Total |
|
1 |
Bahan permeter (Jilbab Syar;i) |
Rp. 25.000,- x 20 meter |
Rp. 500.000,- |
|
2 |
Bahan Permeter (Jilbab segi empat) 120 x 120 cm |
Rp. 17.000,- x 24 meter |
Rp. 408.000,- |
|
3 |
Bahan Permeter (Jilbab pasmina) (150 x 50 cm) |
Rp. 25.000,- x 20 meter |
Rp. 500.000,- |
|
4 |
Ongkos Jahit perjilbab |
Rp. 15.000,- x 60 |
Rp. 900.000,- |
|
|
TOTAL MODAL |
Rp. 2.308.000,- |
|
B. TOTAL
BIAYA
Total
biaya yaitu jumlah keseluruhan biaya. Pada proses pembelian dan
pembuatan jilbab,
total biaya yang dibutuhkan adalah:
Total biaya = Rp. 2.308.000,-
2.2. PEMASUKAN
1) Hasil penjualan Jilbab
a.
Jilbab Syar’i = Rp. 47.000,- x 20 biji = Rp. 940.000,-
b.
Jilbab Segiempat = Rp. 37.000,- x 20 biji = Rp. 740.000,-
c.
Jilbab pasmina = Rp. 47.000,- x 20 biji = Rp. 940.000,-
2.3. KEUNTUNGAN / LABA
Pendapatan dari penjualan
jilbab Rp. 2.620.000,-
Jadi, keuntungan bersih yaitu : Rp2.620.000,00 – Rp. 2.308.000,-
= Rp. 312.000,-
BAB III
PELAKSANAAN WIRAUSAHA
3.1. WHAT (Apa)
Apa saja kelebihan maupun kekurangan dari
usaha jilbab online
ini?
a. Kelebihan Usaha jilbab ini
yaitu memiliki peluang yang cukup besar di industri fashion. Karena para wanita
baik anak-anak, remaja dan orang tua mulai tertarik untuk memakai jilbab
b. Kekurangan usaha jilbab
ini yaitu masih belum bisa memproduksi sendiri, sehingga dana banyak membengkak
di ongkos jahit
3.2. WHY (Mengapa)
Mengapa memilih usaha jilbab online? Kami memilih usaha jilbab online karena:
1. Prospek
atau peluang usaha ini cukup besar untuk dikembangkan.
2. Dapat
memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar.
3. Permintaan
konsumen dalam
industri fashion trutama jilbab cukup banyak.
4. Tidak
memerlukan modal yang cukup besar.
5.
Peluang pasar yang besar untuk
pemasaran.
6.
Tidak memakan waktu banyak untuk
memproduksi
7. Dapat
membuka lapangan kerja bagi orang lain.
3.3. WHERE (Dimana)
Dimanakah
tempat yang tepat untuk melakukan penjualan jilbab online?
Kami memilih media sosial untuk pemasarannya. Karena sebagian besar
penduduk terutama anak-anak dan remaja lebih memilih untuk berbelanja di
onlineshop dari pada harus keluar untuk membeli barang yang di inginkan. Hal
ini juga menguntungkan bagi penjual karena tidak perlu menyewa tempat untuk
penjualannya.
3.4. HOW (Bagaimana)
Bagaimanakah cara melakukan memproduksi
jilbab online?
1. Pemilihan kain
Sebelum meproduksi, penjual akan membeli
kain sesuai dengan pesanan konsumen. Baik ukuran maupun model jilbab yang
diingikan. Setelah membeli bahan baku tersebut, kami menyerahkan kain tersebut
kepeda penjahit untuk di bentuk menjadihijab yang diinginkan. Setelah hijab
jadi, maka kami akan mengirimkannya ke alamat yang diberikan oleh konsumen.
3.5. WHEN (Kapan)
Kapankah waktu yang tepat untuk
memasarkan jilbab online?
Waktu yang
tepat yaitu setiap hari. Akan tetapi peluang semakin besar ketika idul fitri
ataupun idul adha. Permintaan akan semakin meningkat disaat seperti itu.
3.6. WHO (Siapa)
Kepada siapakah target pasar yang
dituju untuk memperlancar pemasaran?
Untuk target
sendiri, kami hanya menargetkan media sosial seperti instagram maupun facebook
BAB IV
RENCANA PEMASARAN PRODUK
4.1. TUJUAN PEMASARAN
Mempertahankan kualitas dan kepercayaan konsumen sehingga diharapkan pendapatan perbulannya tetap stabil.
4.2. PENETAPAN HARGA
Penetapan harga
sesuai dengan biaya-biaya yang digunakan untuk membuat jilbab itu sendiri.
Penjual mengambil keuntungan sebesar 15% pada jilbab syar’i dan jilbab pasmina.
Sedangkan pada jilbab segiempat penjual hanya mengambil keuntungan sebesar 5%
saja.
4.3. PASAR SASARAN (TARGET)
Target utama yang kami tuju untuk
memperlancar usaha ini adalah media sosial. Di dalam media sosial banyak sekali anak-anak maupun remaja yang
memiliki minat yang tinggi terhadap fashion. Pada merekalah produk ini akan di
pasarkan.
4.4. CARA PEMASARAN
Kami
menggunakan metode dengan memberikan harga yang terjangkau dan tidak melebihi
Rp. 50.000,- . Tujuannya agar semua kalangan bisa memiliki atau menjangkau
jilbab kami. Sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli.
Terutama kalangan menengah kebawah.
BAB V
PENUTUP
5.1. KESIMPULAN
Usaha jilbab online ini sangat menguntungkan. Karena penjual cukup
menggunakan media sosial dan berjualan atau memasarkan produknya bisa sambil
kuliah taupun bersantaidi rumah tanpa harus keluar untuk memasarkan. Dengan
begini, tidak memakan waktu yang banyak. Mahasiswa ataupun ibu rumah tangga
bisa melakukan usaha ini
Comments
Post a Comment